Sabtu, 28 Januari 2017

Balada Kegalauan Freshgraduate Lulusan Biologi perempuan dari Desa

Gue, terhitung dari gue nulis blog ini, baru lulus sekitar 2 bulan 12 hari. What a newbie fresh graduater, coy. Tapi, entah karena gue termasuk alayers dan selalu over thinking terhadap sesuatu, ini membuat gue galau akut kayak orang yang lulus 2 tahun tapi tetep jadi pengangguran. 



Gue ceritain dulu nih, sekitar Januari 2016 gue ikut seleksi part-timer saat ada open recruitment dari salah satu direktorat di kampus gue, waktu itu lagi bukaan dari Badan Penerbit dan Publikasi-nya punya UGM. Daftar lah gue. Gue waktu itu daftar 2 bidang nih, jadi front office sama layouter yang wajib ngirim 2 portofolio pake indesign. Untungnya gue udah ada 2 karya yang pernah gue bikin pake indesign (poster yang waktu presentasi di Jepang sama poster matkul Mikrobiologi Industri). Singkat cerita gue lolos tahap administrasi yang layouter dilanjut lolos juga seleksi wawancara dan tes dasar. Keterima deh gue jadi layouter di UGM Press, which is "katanya" bagian dari BPP. Udah deh, gue dapet tambahan uang saku 1juta sebulan. Dan, Alhamdulillah gue masih inget skripsi, masih bisa jalanin sambil kesana kemari. Lulus dengan predikat semi kemelut di Bulan November 2016 dari Fakultas Biologi. Gue pikir, 

"waaaah lulus coy, dari univ ternama, jurusan yang peringkatnya paling best se-Indo, bangga!"

Iya men, bangga. Tapi cuma 1 hari aja. karena gue inget waktu itu bulan tenggat kosan gue abis, gue coba nelpon keluarga dan jawabannya 

"kamu itu udah lulus, terus apa gunanya wisuda kalo masih minta duit"

Duaaaarrr, pecah men. Dan, gue langsung mikir "dari mana gue dapet duit buat bayar kosan? buat makan? buat jajan?". Pyuuuh, untungnya gue masih punya kontrak di UGM Press dan masih bisa buat makan, kagak sama jajan yak.

As a fresh graduate yang kere dan nol pengalaman, gue searching lah loker loker di ala ala sejenis jobstreet, job id, ECC nya UGM, dst. dst. Tiap hari gue buka lowongan, kirim lowongan ke mana-mana. Sesekali ikut Jobfair. Pernah lah gue cicipin rasanya psikotes, tes gambar ini itu, tes koran, dan gue gak pernah tuh lolos sekalipun ke tahap wawancara. Tapi sebenernya bukan gue yang bego, emang kayaknya gue enggak cocok di kerjaan kayak gitu. Gue daftar yang open recruitment nya untuk 'semua jurusan' dan 0-2 tahun pengalaman. Buseeeet yang ikut tes bisa ribuan men. Ikut daftar begitu saking depresi nya gue pengen buru2 dapet duit banyak biar bisa ngirim ke orang tua. Gitu. Soalnya, buat daftar yang linear sama jurusan gue itu dikit banget, udah diambil lapaknya sama jurusan yang lebih aplikatif, TP, Peternakan, Analis, dll. misalnya, yang padahal menurut gue Biologi masuk masuk aja tuh sama kerjaan begituan. Ya ada sih, yang bener-bener buka lowongan buat Biologi, tapi ya gitu lah. Perusahaan itu  punya komentar2 negatif tentang SDM-nya kayak gaji tidak sesuai, tahan ijazah, sampe gosip orang berkerudung itu enggak boleh. (fresh gradute kayaknya paham nih perusahaan apa). Gue termasuk fresh graduate yang sombing juga sih, orang tinggal masuk kayak gitu aja kagak mau. Masuk perusahaan gede? kayak mimpi. Mereka butuh orang berpengalaman coy, minimal 2 taahun gitu. Dan lagi saingannya jangan ditanya.

Duit menipis, buat makan pun rasanya mikir-mikir dulu. Kadang demi menghemat, gue wadahin air dari kantor UGM Press buat dibawa pulang. Akhirnya gue mulai cari sampingan lain, ada tawaran di Facebook buat jagain lapak bubur jagung tiap pagi aja gue daftar. Demi menyambung hidup. Tapi untungnya, Tuhan masih sayang ama gue, gue lihat poster salah satu perusahaan start up butuhin parttimer buat input gambar ke webnya mereka, tetep dengan background desiain grafis, yang saat wawancara gue diketawain karena gue lulusan Biologi. Yah, singkat cerita, gue diterima dan gue kerja di 2 tempat tiap hari, kadang-kadang ditambah lembur sampe gue enggak punya waktu buat istirahat dan nonton drama Korea kesayangan gue. Capek gue! . Beruntunglah kalian kalian yang masih diberi uang jajan dari orang tua, huhuuu
"Lo harus inget impian lo !"
Hingga suatu hari, gue pergi ke kampus buat ikut ngerayain temen gue yang sidang pendadaran. Di sana, gue ngobrol sama salah satu temen gue, dia nyeritani temen kita udah ada yang lolos LPDP dan siap lanjutin kuliah di luar negeri hanya dengan persiapan 3 bulan dari saat dia lulus. Sumpah, hati gue kebuka lagi. Gue inget lagi cita-cita gue sejak SMA, gue pengen kuliah ke luar negeri. Terus gue mikir, kemana aja lo selama ini rin? lo dibutain sama duit? sampe mana cita-cita lo yang selama ini lo bilang ke orang-orang?

Damn !! gue kayak sia-siain hari-hari gue buat mikirin sesuatu yang bahkan gue sendiri bingung mau dibawa kemana.

Akhirnya, gue kontak lagi profesor-profesor yang sudah mau jadiin gue muridnya. Oh ya, gue mau bilang dulu. Gue udah ngontak profesor-profesor dari universitas di Korea, Jepang dan Taiwan dari awal tahun 2016. Dan, ada 2 profesor yang udah welcome sama gue, dari univ di Jepang, dan Univ di Korea. Sebenernya gue juga udah daftar INPEX bulan Nov 2016, tapi kayaknya gue enggak lolos administrasi soalnya kagak ada email masuk sampe hari ini, gue pake SKL waktu itu, karena gue belum punya Ijazah. Sampe sekarang sih gue belum punya ijazah, gue masih ngutang sama akademik 200rebu, belum bisa bayar. haha :P.

Profesor dari Jepang, baik pake banget, dia udah ngasih gue recomendation letter, dia juga udah ngasih gue proposal riset, gue email lagi dengan ke-tidak tahu malu-an gue, karena lama banget gue enggak menghubungi beliau. Beliau langsung menjawab
:'(


Hati gue patah hati lagi, karena, supervisor gue sampe sekarang enggak mau ngehubungin beliau. Ini dikarenakan gue belum nyelesein tugas manuskrip yang mau diterbitin di jurnal. Sampai saat ini pun belum gue kerjain, gue bingung, nyari duit, belum bisa bagi waktu buat nyari referensi. Ditambah, enggak enak gue bikin profesor baik hati ini nunggu lama :'(. Sedih gue.

Gue hubungin profesor satu lagi. Profesor  univ di Korea ini emang udah ngutus murid Ph.D. nya yang muslim buat ngebantuin gue sampe gue bisa dapet beasiswa. Alhamdulillah, doi juga baik banget. Doi pengen dipanggil "aa" karena dia pengen ngerasa deket, pengen dipanggil kakak in my native language (red: aa itu kakak dalam bahasa Sunda). Yah, sampe saat ini, gue intens ngehubungin beliau karena tenggat pendaftaran beasiswa yang semakin dekat. Gue juga ngerecokin mentor2 kakak angkatan gue yang udah pernah atau sedang kuliah di luar negeri buat ngebantu ngebimbing gue. Enggak lupa, gue juga ngerepotin salah satu dosen gue (bukan supervisor gue, karena gue malu masih punya utang). Beliau ini lulusan UI lanjut di Belanda, masih muda, gue gampang mencerna omongannya, ide-idenya juga fresh. Gue sering minta pendapat buat ngembangin proposal riset gue untuk diajukan buat pendaftaran S2 nanti.

Gue tetep nyari duit, buat modal gue tes bahasa Inggris, gue ambil yang paling murah TOEFL, dan ternyata skor gue masih rendah, gue maksain kursus dengan memotong uang makan gue. Sumpah, gue sama sekali enggak bisa jajan, makan aja seret. Belum lagi buat persyaratan pendaftaran lain, kayak terjemahin berkas-berkas ke sworn translator, Ijazah dan transkrip gue yang harus gue tebus, biaya kirim, dll. dll.

Gue motivasiin diri gue sendiri, gue lurusin niat gue. Gue pengen balik ke kampung halaman gue dengan membawa sesuatu, bukan dalam artian secara materi. Gue kuliah 4 tahun S1 Biologi, gue pengen ilmu gue bermanfaat bukan cuma buat gue. Gue pengen kampung halaman gue punya seseorang yang bakal ngerubah kampung pinggiran itu jadi lebih baik, di bidang yang gue tekuni kelak. Gue pengen hasil gue belajar dan riset bisa diaplikasiin disana, karena ilmu gue di S1 belum cukup, makanya gue niat pengen lanjut lagi, biar bener2 jadi orang yang berkualitas yang akan bantu ngebangun kampung gue secara berkualitas pula. Karena siapa lagi yang mau ngebangun kampung pinggiran itu selain kita sendiri yang asli, tumbuh dan berkembang disana. As simple as that. Dan lagi, secara tidak langsung, gue mau motivasiin orang-orang disana, especially sebagai cewek, bahwa lo punya potensi lebih enggak hanya buat ngelahirin, nyusuin, dan besarin anak. Gue sebenernya agak kecewa sama pola pikir masyarakat sekarang ini. Bahwa suksesnya seorang perempuan yaitu, bisa dapet suami kaya bermobil, nikah cepet, gendong anak, dan bisa jadi Ibu Rumah Tangga yang baik. Sayang banget, padahal lo berpotensi buat bisa jadiin dunia ini lebih baik.

Oke, tahun 2017 ini tahun yang harus ekstra kerja keras dan perjuangan melebihi tahun-tahun gue sebelumnya. Tolak ukurmya sih ya materi, karena harus apa-apa dari hasil sendiri, enggak minta lagi sama orang tua. Sama cita-cita yang masih jadi cita-cita dan harus masih dikejar. Gue harap dengan gue nulis ini, gue akan selalu inget sama cita-cita gue itu. Enggak pernah belok lagi walo godaan, cobaan yang berat sekalipun. Mudah-mudahan, tahun ini, gue bisa wujudkan impian gue itu.

"karena hidup cuma sekali, jangan sia-siakan dengan mikirin hal yang gak penting"



3 komentar:

  1. salut mbaaa.. subhanallah.. semoga dimudahkan dalam melangkah, dimudahkan dalam menggapai impian, aamiin.. (adek tingkat, bio 16)

    BalasHapus
  2. kakak, memotivasi banget kak 💜

    BalasHapus