Selasa, 28 Januari 2014

Pengalaman Semester 2 BIOLOGI UGM

Anyeoong sobat blogger,,
wah update-annya satu semester sekali ini mah.. hhaha :p
well, sesuai judul yang diatas, gue mau ceritain tentang pengalaman -lagi- sewaktu kuliah di Semester 2 (genap) Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. dan sekali lagi ini menurut kacamata gue sebagai mahasiswa biasa saja.

Oke, mungkin ceritanya nih gue tuh udah move on dari nilai absurd gue di semester 1. Nah buat adek-adek angkatan, bisa loh dibaca dulu nih pengalaman biar ga shock nemuin semester 2 disini.

Di FABIO UGM, semester 2 itu ada matkul wajib Struktur Perkembangan Hewan yang biasa disingkat SPH sebanyak 4 SKS (3-1) terus ada juga Struktur Perkembangan Tumbuhan ato SPT 4 SKS juga (3-1), jangan seneng dulu, kita masih ketemu dosen MIPA nih, ada matkul Kimia Organik ato anak-anak biasa nyebut dia Kimor 3 SKS (2-1), nah ada juga Statistika 2 sks kagak pake praktikum dan Matkul wajib satu lagi tuh ada Paleontologi 3 SKS (2-1). terus ambil juga mata kuliah pilihan. karena IP gue pas-pasan, gue cuma bisa ambil 1 matkul pilihan, 2 sks pula. Dan menurut sumber-sumber terpercaya, diambillah Matkul Briologi (1-1).

Nah, bisa dilihat kan jumlah praktikumnya buat di semster 2 ini merangkak naik tajam *apasih?*. Untuk matkul wajib saja ada 4 praktikum broh, seminggu !!


Hayu kite simak nih satu-satu gimana cerita tentang pengalaman gue itu.

  • SPH (3-1)
Nah, matkul ini sesuai judulnya itu kebanyakan bercertita tentang Hewan. Meliputi struktur tubuhnya, nama-nama bagiannya, fungsinya, yah yang begituan lah. Tapi jangan harap lo namain bagian tubuh itu pake bahasa Indonesia yak, itu semua pake bahasa ilmiah. Well, ntar praktikumnya pas diawal ada yang namanya TES PENDAHULUAN ato biasa dipanggil TESPEN. Nah, ini dia pengalaman pertama gue merasakan apa yang namanya Tespen. yaaaa, gue santai aja yak, dikira hasilnya itu cuman dijadikan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan nilai, kayak dibuat penelitian before dan after praktikum gitu. eh ternyata, nilai tespen sangat mempengaruhi broooh, bayangin dikali 4!! jadi sebelas duabelas lah kedudukannya ama responsi. Dan tebak gue dapet nilai berapa? 33 men, masih inget banget gue. dan itu ngenes ya.
Tapi dari kejadian itu gue sadar, kalo belajar emang perlu. Jadi tiap praktikum kan ada pretestnya tuh, dan gue belajar tiap minggu, alhasil Alhamdulillah yah. Nilai bagus-bagus karena ada niat dan kemauan.
Oke, sistem praktikumnya, kita dikasih 2 buku. Yang 1 buku panduan praktikum yang isinya materi-materi yang akan dipraktikumkan. Yang satu lagi kayak buku gambar gitu, kosong. Soalnya memang kita disini belajar ngegambar bagian-bagian dari hewan. Absurd gak apa-apa yang penting sistematis. gitu sih asisten gue bilang. Nah, tiap hari Sabtu, ada nama-nama keterangan gambar yang diupload di jejaring sosial dan harus ditulis pada buku gambar ntu sebagai syarat masuk praktikum. Disini, asisten tiap Minggu berbeda-beda. Dan Hasil Pretest biasanya malam setelah Praktikum dicantumin di Grup FB, jadi gak dibagiin gitu. Nah, sebelum responsi biasanya ada poster competition. Kita bikin poster tentang SPH yang tema nya udah dibagiin, ukuran posternya segede X banner gitu. pokoknya seru dah.

Untuk Teorinya, waktu itu kelas gue ada 3 dosen yang mengampu. Gantian gitu. Ujiannya, baik UAS maupun UTS ada 100 soal broh, siap-siap aja yak !

  • SPT (3-1)
 Nah, matkul ini pelajarannya sama kayak matkul diatas, cuman kalo tadi yang diatas itu masalah tentang hewan, kalo yang iti tentang tumbuhan.
Praktikumnya lebih nyantai dari SPH. Bukunya sama, kita dikasih Buku Panduan, beli sih. Waktu itu harganya 10ribu kalo gak salah, dan dikasih 1 buku gambar. Bedanya disini gak ada Tespen, dan asistennya sama satu semester itu. Nah, kita disini gak usah bikin keterangan gambar dulu kaya SPH. Jadi, praktikum tinggal dateng bawa otak yang udah diisi materi. Gitu doang kok. Nanti pas mau responsi, ada tugas yang namanya Pertelaan. Nah disana kita dikasih nama ilmiah tumbuhan dan kita harus mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang tumbuhan itu. Itu sebagai syarat masuk responsinya.

Untuk belajar teorinya, kita dibuat jadi kelompok-kelompok. dan harus presentasi tiap minggunya, kaya Biologi Umum gitu. Untuk ujiannya biasanya materi dari Buku Panduan Praktikum yang kita beli tadi, kalo belajar gampang kok! ada semua, gue aja dapet A *sombong*. Tapi, matkul ini bener-bener harus belajar ya, soalnya ada juga yang dapet D.

  • KIMOR (2-1)
Kimia Organik itu lanjutan dari Kimia Dasar, dosennya langsung dari MIPA. Gak beda jauh kayak KIMDAS kok sistemnya, Praktikum hasri Selasa di Lab Kimia dan ada laporannya juga. 
Nah, buat teorinya biasanya ada kuis di e-lisa tiap Minggu. Untuk UAS, tipsnya nih banyakin latihan dari soal-soal tahun lalu aja. Dan kalo bisa kamu punya bukunya KIMOR, potokopian juga boleh dah.
  • STATISTIKA (2)
Nah, ini satu-satunya matkul wajib semester 2 yang gak pake praktikum. Dosennya juga dari MIPA. heemmm,, gak banyak yang bisa diceritain nih. Yang penting banyak latihan aja biar paham.
  • PALEONTOLOGI (2-1)
Aduuuuuh, sebenernya pengalaman agak melankolis gitu dah matkul ini. Teorinya enak banget buat didengerin, banyak hal-hal baru yang bikin kita *wah* banget, cius ini mah. Apalagi waktu diampu Pak Didit. Pokoknya something lah. Kalo sama Pak Didit, soal ujiannya gampang banget, cuma 4 soal paling banyak, dengerin terus aja pas kuliah.  Nah, abis UTS kan ganti dosen tuh, 2 orang. Satu dari Fakultas Biologi sendiri dan 1 lagi dari Fakultas Kedokteran, dan otomatis, soal ujiannya ada 2 part!! Hampir 13 lembar waktu itu. fufufu

PRAKTIKUM?? omoo,, aigoo,, -_-. Hari Praktikum kita milih sendiri, dan hati-hati bentrok yak. Pokoknya cari tahu dulu jadwal praktikum yang lain. Kita Praktikum langsung di Lab Paleontologi Teknik Geologi. Saran nih yee, Jangan sekali-kali memakai kaos, sendal. Jangan sekali-kali Memecahkan fosil. Jangan sekali-kali membantah asisten !!! Nah, disana kalian gak usah ngarep apa-apa kecuali Ilmu dari asisten. Jadi, bukunya dipotokopi sendiri, borang ngeprint sendiri. Ya gitu lah. Oh ya, kadang-kadang pemahaman asisten satu sama yang lain itu beda. jadi absurd gitu lah. Kita suruh ngident suatu fosil kemudian kalo udah ketemu itu spesies apa, bisa di acc sama asisten disana. aduh bingung  gue ngejelasin sistemnya kayak gimanos, pokoknya rasakan sendiri sensasinya. ha ha ha,,

Setelah UTS, Praktikumnya pindah ke Fakultas Kedokteran. Enaaak bingit !! Ruang ber-ac, di-assistensiin langsung oleh Dosen, dikasih buku gratis.
  • BRIOLOGI (1-1) 
Ini satu-satunya matakuliah Pilihan yang aku ambil, katanya Nilainya gampang. hahaha.
Oke Briologi banyak banget yang ngambil, Kuliah teori cuma 1 jam. Nah soal ujiannya biasanya mirip-mirip sama soal tahun lalu gitu, makanya kita belajar dari situ aja. Untuk praktikumnya, dilaksanakan setelah UTS. Kitapun milih sendiri jadwalnya. Oke, Praktikumnya kagak ada Tespen atau Responsi. Jadi pokoknya nyantai kok. Oh iya, biasanya diakhir praktikum ada Fieldtrip.

Oke, itu dia sepenggal cerita pengalaman tentang semester 2. Kalo kalian pikir ini sibuk? Huaaah, siap-siap aja semester selanjutnya bakal 1000x lebih sibuk dari ini. 

9 komentar:

  1. thanks kk sudah mencerahkan.. berarti harus belajar buat tespen ini :>

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kak punya nggk bbm atau ap gitu, soalx sy mau nanya2 seputar jurusan kakk...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maap aku jarang buka blog. masih butuh enggak ya? haha

      Hapus
  5. huaaa gimana yakk :'v
    tapi gomawo udah ngasih pencerahan :'v
    aku lg pusing nih nentuin jurusan :'v
    jadi kepikiran nama ilmiah yg panjang and ribet :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, dek ! Jurusan apapun asalkan suka dan niat, pasti bisa ^^

      Hapus
  6. bermanfaat sekali mba, :') subhanallah.. akhirnya dag-dig-dug dihati dapat diantisipasi buat tespen pertama minggu ini.. hehe.. makasi mba Rini.. Jazaakumullah khairan katsiira.. (adik tingkat, bio 16)

    BalasHapus
  7. Kak kalau jurusan biologi ugm tetep bisa jadi guru gak sih?

    BalasHapus