Rabu, 17 Desember 2014

ikut JAVA SUMMER CAMP 2014 -part 2-


nah, lanjutin cerita sih ya, soal JSC yang Unity in Diversity itu loh :D
tepatnya hari kedua ..
pagi pake buta banget saya mandi (terpaksa), karena apa? karena sorenya gak mandi. haha *ups* . Harusnya sih takut ya biasanya kalo acara kemah-kemahan gitu, jam 4 dinihari mandi. tapi, saya brani lah, kasian soalnya temen setenda kalo saya gak mandi. iya kan? -iyaa-
pagi-pagi kami diajak untuk senam dan melakukan flashmob. tariannya seru, bikin orang yang tadinya males jadi semangat, bikin orang yang sudah semangat makin semangat lagi.
flashmob pagi :)
nah loh, sampai saat ini aku masih mencari tahu sebenarnya lagu apa sih yang dipakai di flashmob itu. seru abisnya, bikin jogetnya ketagihan gitu. mbok yang ikutan ada yang tahu?? hmm

dan, agenda hari ini adalah village tour. jadi, kami mengelilingi desa Cangkringan dan di beberapa rumah ada yang merupakan pos pos, isinya budaya, makanan, minuman. huhuuuuy,
Bareng ketua tim bebek
sebelumnya, nyelfie dulu depan tenda orang :P
selfie
bareng eping
fiks deh kita village tour. sebenarnya pos yang disediakan cukup banyak, namun karena waktu yang terbatas, kami diharuskan mengunjungi minimal 5 pos yang disediakan. Nah, tim ku, tim Bebek goreng H. Slamet mengunjungi 5 pos, yaitu pos janur, pos kambing, pos sapi, pos salak dan pos jamur.
persiapan jalan nih
masih persiapan jalan
 pertama, kami mengunjungi pos janur, disini kami diberi janur dan diberi pengetahuan tentang janur.
dari pos janur
 kemudian pos kambing, nah disini juga digembalakan kambing etawa, di produksi pula susu kambing dengan berbagai rasa. khasiatnya? jangan ditanya, segudang pokoknya. 
jalan teruuuus sampe nemuin pos
selanjutnya kami juga mengunjungi pos sapi, disini kami diberi arahan cara merawat sapi perah dengan benar. kemudian kami juga mengunjungi pos salak, diceritakan bahwa salak Cangkringan sangat spesial sekali. Oh ya, disini aku pertama kali makan salak yang baru dipetik dari pohonnya, rasanya enak sekali, berbeda dengan salak cineam-an yang biasa aku makan :P.
tim kami

pos terakhir, kami mengunjungi pos jamur, spontan judulnya sih icip-icip jamur, tapi entah berapa "jirangan" jamur krispi yang kami makan, maafkan kami ibu-ibu. huuuu

hari berlanjut menjadi siang, dan acaranya yaitu perkenalan budaya, ini yang bikin aku tercengang, waw. ternyata negeri kita tercinta ini memiliki warisan budaya yang beragam dan sangat nyata. Jarak dekat Yogya-Solo yang dapat ditempuh hanya dengan waktu 1 jam dan hanya dengan harga 6ribu dengan prameks, memiliki budaya yang berbeda coy. Apalagi jika lintas pulau, waw banget gak sih.???
Selain itu kami disediakan fasilitas untuk belajar seni musik dan seni tarinya loh
asik yang lagi belajar nari
belajar gamelan

selain budaya Jawa, ternyata ada sesi hiburannya juga, yaitu pagelaran angklung, secara ya angklung kan budaya sunda banget dan aku juga sunda banget. Rasanya spesial aja dikala budaya minoritas dipamerkan. Kakak-kakak dari ISI Yogyakarta loh yang maen, dan aku juga sempet belajar cara mainin angklung, haha
angklung
foto sama mas-mas yang dari ISI

Masih ada lagi loh kegiatannya, sore hari diadakan lomba masak, dengan bahan seadanya yang diberi oleh panitia dan dikerjakan di rumah warga. Spesialnya nih, fasilitas di rumah-rumah warga masih sangat menggunakan alat-alat tradisional. Wiih, budaya memang harus dijaga kan ya ,,
saat presentasi hasil masak
malamnya nih pemirsah, diadakan hiburan buat mengurangi rasa jenuh yang mulai melanda. masing-masing dari kelompok diwajibkan menampilkan pentas seni, nah acara ini dibuka dulu dengan tarian yang pernah jadi juara 2 di Singapura, lagi-lagi aku lupa nama tariannya apa, temanya apa, maknanya apa. wajar lah ya, namanya juga mau hiburan, mana sempet bawa kertas sama pulpen buat nyatet, ntar malah inget laporan yang ditinggal di kosan. huuhuu
ini nih kostum penari
 ada ya salah satu kelompok yang menampilkan sejenis ketoprak gitu, yes, we are getting laught. bukan kami sih tepatnya, wong aku gak ikutan ketawa. iya, mereka tampilnya pake boso jowo, mbok aku ra ngerti maksude piye gitu loh. Ketawa telat harus nungguin translate dulu,
ini nih tim ketoprak
oh ya, disini aku berani open mic loh, aku bawain salah satu dari 17 pupuh, dan agak di sinden*in gitu lah ya.tepatnya aku nyanyiin pupuh wirangrong. embuh lah ya mereka ngerti apa enggak, wong lagunya aja pake basa Sunda. hehe :) , yang penting eksis broh
BTW, aku gak segendut itu beneran, itu angelnya gak pas
Gak lengkap dong camping tanpa api unggun, iya deh habis itu kami pesta api unggun. Wuiiii kerasa banget campingnya :)
api unggun
balon terbang
acara ini bener-bener keren banget, dan masih ada yang keren lagi. sambung lain hari ya !! :)

INTERMEZO
Bareng Saki dari Jepang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar